Griya Damai
Home Eksterior 20+ Jenis Tanaman Hias Daun Populer yang Cantik untuk Rumah

20+ Jenis Tanaman Hias Daun Populer yang Cantik untuk Rumah

BIngung mencari tanaman hias?. Ini dia beragam jenis tanaman hias daun yang bisa jadi pilihan. Meski tak berbunga, tetap tampak indah lho!

Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias telah menjadi pilihan populer yang mampu memberi nuansa segar sekaligus indah. Tidak hanya memberikan sentuhan alam, tetapi juga memperindah estetika interior dan eksterior rumah. Ada berbagai jenis tanaman hias daun yang terkenal karena keindahan daunnya yang bervariasi, tekstur unik dan warna yang menarik.

Selain memberikan keindahan visual, tanaman hias juga membantu meninggkatkan kualitas udara di dalam rumah, menjadikannya pilihan cerdas untu menciptakan lingkungan sehat dan segar. Ada berbagai macam bentuk dan ukuran daun, serta perawatan bervariasi. Sehingga, kamu bisa memilih mana yang cocok untuk hunian dan juga budget.

Jenis Tanaman Hias

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa dipertimbangkan, mulai dari beragama jenis tanaman hias daun, tanaman rambat, tanaman air dan tanaman gantung. Masing-masing karakteristiknya cocok untuk menghias bagian-bagian rumah. Misalnya, tanaman rambat bisa untuk area kanopi dan dinding, tanaman gantung bisa untuk teras, kanopi dan jendela, tanaman air untuk penghias kolam ikan dan sebagainya.

Kali ini, ada beragam inspirasi jenis tanaman hias daun yang bisa menghias rumahmu. Karakteristik utamanya berfokus pada kecantikan variasi daun daripada bunga. Mereka hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, tekstur, dan warna daun yang mencolok, membuatnya sangat menarik digunakan menghias interior rumah dan taman.

Varietas terkenal seperti Monstera, Calathea, Pothos, dan Sansevieria mampu menciptakan atmosfer segar dan menenangkan di lingkungan sekitar penempatannya. Bagi kamu yang bingung memilih tanaman untuk rumah, ini adalah beberapa pilihan tanaman hias yang bisa dipertimbangkan!.

Tanaman Hias Daun

1. Aglaonema

Aglaonema

Nama Ilmiah : Aglaonema spp.
Varietas : Aglaonema Silver Queen, Aglaonema Red Gold, Aglaonema Emerald Beauty, Aglaonema Cutlass, Aglaonema Chocolate, Aglaonema Silver Bay, Aglaonema Maria, Aglaonema Golden Bay, Aglaonema Suksom Jinda.
Penempatan :
Di tempat cahaya sedang hingga redup.

Tanaman hias yang kerap disebut bunga Aglaonema ini dikenal karena daun-daunnya yang indah dengan bercak-bercak kontrasnya. Biasanya daun berwarna hijau gelap pdengan bercak merah, putih atau kekuningan. Aglaonema sangat mudah dirawat dan tahan terhadap kondisi dalam ruangan, sehingga cocok untuk tanaman hias indoor.

2. Alocasia

Alocasia

Nama Ilmiah : Alocasia spp.
Varietas : Alocasia Polly, Alocasia Zebrina, Alocasia Amazonica, Alocasia Cuprea, Alocasia Stingray, Alocasia Dragon Scale, Alocasia Frydek, Alocasia Regal Shield.
Penempatan :
Di tempat cahaya sedang hingga terang.

Jenis tanaman hias daun ini juga sangat populer dengan daun lebarnya yang berbentuk seperti hati. Kamu bisa mendapatkan tanaman ini dalam berbagai variasi, seperti Alocasia Polly, yang memiliki daun hijau tua dengan garis-garis putih, Alocasia Zebrina dengan pola zebranya dan sebagainya. Harga tanaman ini juga bervariasi tergantung jenisnya.

3. Begonia

Begonia

Nama Ilmiah : Begonia spp.
Varietas : Begonia Rex, Begonia Tuberhybrida, Begonia Semperflorens, Begonia Elatior, Begonia Grandis, Begonia Escargot, Begonia Maculata, Begonia Coccinea, Begonia Masoniana.
Penempatan :
Di ruang teduh.

Begonia merupakan genus tanaman hias yang menawarkan keindahan bunga dan daun. Genus Begonia memiliki berbagai variasi unik, termasuk bentuk daun, warna, dan kadang bunga yang dapat mempercantik hunianmu. Tanaman hias ini cocok ditempatkan dalam ruangan atau taman yang teduh, seperti teras, balkon atau dalam pot gantung.

4. Calathea

Calathea

Nama Ilmiah : Calathea spp
Varietas : Calathea Zebrina, Calathea Orbifolia, Calathea Lancifolia, Calathea Makoyana, Calathea Medallion, Calathea Rattlesnake, Calathea Beauty Star, Calathea White Fusion, Calathea Roseopicta, Calathea Freddie, Calathea Dottie, Calathea Musaica, Calathea Rufibarba, Calathea Network, Calathea Rosea Picta.
Penempatan :
Di ruangan teduh atau setengah teduh.

Jenis tanaman hias daun ini terkenal karena daunnya yang artistik, sehingga sangat populer untuk menghiasi interior. Daun-daunnya yang indah, memiliki berbagi pola dan warna yang menarik, memberikan sentuhan alami dan estetika dalam ruangan. Tanaman indoor ini ideal ditempatkan pada ruang tamu, kamar tidur dan ruang kerja.

5. Daun Dollar (ZZ Plant)

jenis tanaman hias daun dollar

Nama Ilmiah : Zamioculcas Zamiifolia
Varietas : ZZ Raven, ZZ Zenzi, ZZ Tidbit, ZZ Gem, ZZ Zenzi.
Penempatan :
Di dalam ruang yang jarang terkena sinar matahari.

Baca Juga :   18 Model Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit. Cek!

Dikenal dengan nama ZZ Plant, tanaman ini memiliki daun-daun yang mengkilap. Daun dollar sangat tahan terhadap kondisi dalam ruang yang kurang cahaya, sehingga cocok untuk tanaman indoor. Keindahan dan kemudahan perawatan menjadikannya pilihan populer untuk menghiasi interior rumahmu.

6. Dracaena

Dracaena

Nama Ilmiah : Dracaena spp.
Varietas : Dracaena marginata (Madagascar Dragon Tree), Dracaena fragrans (Corn Plant), Dracaena sanderiana (Lucky Bamboo), Dracaena reflexa (Song of India), Dracaena compacta (Janet Craig), Dracaena deremensis (Warneckii), Dracaena mahatma, Dracaena surculosa (Florida Beauty), Dracaena goldieana (Golden Dragon).
Penempatan :
Di tempat cahaya terang hingga sedang

Dracaena merupakan jenis tanaman hias daun yang unik dengan warna hijau memanjangnya. Pada beberapa variasi, daunnya ada yang dibingkai dengan warna kekuningan, seperti spider plant.

Varian Dracaena marginata lebih baik ditempatkan di cahaya terang (hindari sinar matahari dalam waktu lama), sementara Dracaena fragrans cocok untuk cahaya redup. Sehingga, kamu harus tahu jenisnya agar bisa menentukan tempat peletakannya.

7. Ficus lyrata (Fiddle Leaf Fig)

Ficus lyrata

Nama Ilmiah : Ficus lyrata.
Varietas : Ficus lyrata Bambino, Ficus lyrata Compacta, Ficus lyrata Sunshine, dan Ficus lyrata Little Sunshine.
Penempatan :
Di tempat cahaya terang hingga sedang.

Ficus lyrata merupakan tanaman hias indoor yang memiliki daun-daun besar berbentuk seperti biola. Kamu bisa menempatkannya di ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur untuk menambahkan unsur hijau yang memikat dalam ruangan. Ada berbagai variasi dengan bentuk yang berbeda, sehingga memungkinkanmu memilih yang cerasi dengan gaya hunian.

8. Gelombang Cinta

Gelombang Cinta

Nama Ilmiah : Anthurium Plowmanii
Varietas : Anthurium Plowmanii “Wave of Love”, Anthurium Plowmanii “Fruffles”, Anthurium Plowmanii “Green Love”, Anthurium Plowmanii “Mini Wave”, Anthurium Plowmanii “King Wave”, Anthurium Plowmanii “Queen Wave”, Anthurium Plowmanii “Bordeaux”, Anthurium Plowmanii “Mystic”, Anthurium Plowmanii “Black Queen”, dan Anthurium Plowmanii “White Queen”.
Penempatan :
Di tempat cahaya terang hingga sedang.

Jenis tanaman hias daun Gelombang Cinta pernah eksis pada tahun 2007, dimana harganya bisa mencapai miliaran rupiah lho!. Masuk dalam keluarga Araceae, tanaman ini dikenal karena daun-daunny a yang indah dan bergelombang di sisi-sisinya. Bentuknya yang unik dan cantik sangat cocok untuk menghias area interior maupun eskterior rumah.

10. Janda Bolong

jenis tanaman hias daun Janda Bolong

Nama Ilmiah : Monstera Adansonii
Varietas : Monstera Adansonii var. laniata, Monstera Adansonii var. archboldiana, Monstera Adansonii var. friedrichsthalii.
Penempatan :
Di tempat cahaya terang hingga sedang.

Janda bolong merupakan salah satu jenis tanaman hias daun monstera yang sangat populer dan pernah eksis. Daun-daunnya berlubang dengan pola khas membuat tanaman ini sangat digemari menjadi elemen dekoratif pada interior rumah. Tanaman ini tumbuh merambat, sehingga berikan penyangga jika tidak menaruhnya di pot gantung.

11. Kadaka

Kadaka

Nama Ilmiah : Asplenium Scolopendrium
Varietas : Asplenium Scolopendrium var. scolopendrium, Asplenium Scolopendrium var. americanum, Asplenium Scolopendrium var. sibiricum.
Penempatan :
Di tempat teduh, cahaya terang hingga sedang.

Kadaka merupakan jenis tanaman paku berdaun tunggal yang berbentuk seperti lidah dengan tepi bergelombang. Tanaman ini memiliki daya tarik estetika yang unik dan sering dijadikan tanaman hias untuk taman depan rumah. Kamu bisa menaruhnya di tempat teduh atau semi teduh dan hindarkan dari sinar matahari langsung yang terlalu intens.

12. Kaktus

jenis tanaman hias daun Kaktus

Nama Ilmiah : Cactaceae
Varietas : Kaktus Ferocactus, Kaktus Echinocactus, Kaktus Mammillaria, Kaktus Opuntia, dll.
Penempatan :
Di tempat cahaya tinggi – rendah.

Kaktus adalah jenis tanaman hias daun yang populer dalam ruangan karena membutuhkan sedikit perawatan. Karakteristik batang berdurinya merupakan simbol adaptasi terhadap lingkungan kering. Kaktus dapat bertahan pada kondisi cahaya cerah hingga redup, tetapi perlu disiram selama musim panas.

Baca Juga :   20 Pagar Besi Minimalis, Praktis & Estetis untuk Hunian Masa Kini

13. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Nama Ilmiah : Sansevieria Trifasciata
Varietas : Sansevieria trifasciata “Laurentii,” Sansevieria trifasciata “Moonshine,” Sansevieria trifasciata “Black Coral,”, Sansevieria trifasciata “Golden Hahnii.”
Penempatan :
Di area cahaya redup

Lidah mertua dikenal dengan daunnya yang tegak, lebar dan panjang dengan pola warna beragam. Tanaman hias ini sering digunakan dalam desain interior dan eksterior karena estetikanya yang unik dan kemampuannya menyerap polutan. Meski beberapa varietas bisa tumbuh baik di luar ruangan, lebih baik jika meletakkannya di dalam ruangan agar pertumbuhannya optimal.

14. Lili Paris (Spider Plant)

jenis tanaman hias daun Lili Paris

Nama Ilmiah : Chlorophytum Comosum
Varietas : Chlorophytum comosum “Vittatum,” Chlorophytum comosum “Variegatum,” dan Chlorophytum comosum “Bonnie.”
Penempatan :
Di tempat cahaya terang hingga redup.

Lili Paris merupakan jenis tanaman hias daun yang sangat populer dengan daun hijau dengan strip putih atau kuning di tepiannya. Tanaman ini dapat membersihkan udara dan menghilangkan beberapa polutan seperti formaldehida dan xilena. Menariknya lagi, kamu bisa mengembang biakkan tanaman ini dengan hanya memotong anakannya saja lho!.

15. Monstera

Monstera

Nama Ilmiah : Monstera Deliciosa
Varietas : Monstera deliciosa “Variegata,” Monstera deliciosa “Thai Constellation,” dan Monstera deliciosa “Borsigiana.”
Penempatan :
Di tempat cahaya terang hingga redup.

Monstera sangat terkenal dengan daunnya yang berlubang, menciptakan tampilan unik dan eksotis. Tanaman hias ini merupakan pilihan populer untuk dekorasi interior rumah karena daya tarik estetikanya sangat menonjol. Kamu bisa menempatkannya di teras, ruang tamu, kamar tidur dan ruang kerja untuk menambah nuansa alam indah dalam ruangan.

16. Philodendron

jenis tanaman hias daun Philodendron

Nama Ilmiah : Philodendron
Varietas : Philodendron Brasil, Philodendron Birkin, Philodendron Pink Princess, Philodendron Heartleaf.
Penempatan :
Di tempat cahaya terang hingga redup.

Jenis tanaman hias daun inu juga sangat populer untuk menghiasi area rumah lho!. Kamu bisa menempatkannya di berbagai lokasi, asal hindarkan dari sinar matahari yang terlalu terik karena bisa merusak daunnya. Beberapa varietasnya memiliki karakteristik unik masing-masing dengan daun lebih berwarna yang dapat menjadi titik fokus dalam dekorasi interior rumah.

17. Pilea

jenis tanaman hias daun Pilea

Nama Ilmiah : Pilea Peperomioides
Varietas : Pilea Peperomioides “Moon Valley”, Pilea Peperomioides “Variegata”, Pilea Peperomioides “Red Stem”, Pilea Peperomioides “Pancake.”
Penempatan :
Indoor di tempat cahaya terang hingga redup.

Tanaman berdaun mungil ini semakin populer karena cocok untuk tanaman indoor rumah minimalis dan modern. Pilea dapat tumbuh dengan cepat, perawatan mudah dan mampu membersihkan udara dalam ruangan. Namun, tanaman ini rentan jika terkena sinar matahari langsung yang terlalu terik, sehingga cocok diletakkan dalam rumah.

18. Pucuk Merah

Pucuk Merah

Nama Ilmiah : Syzygium Myrtifolium
Varietas : Syzygium Myrtifolium “Red Back,” Syzygium Myrtifolium “Bush Christmas,” Syzygium Myrtifolium “Cascade,” dan Syzygium Myrtifolium “Burgundy.”
Penempatan :
Di tempat panas

Jenis tanaman hias daun ini sangat cocok untuk menghias eksterior karena tahan terhadap cuaca panas. Uniknya, cuaca panas akan membuat ujung daunnya berwarna merah, berbeda jika kamu menempatkannya di tempat teduh. Warna daun bervariasi mulai hijau hingga merah akan membuat taman dan halaman rumah semakin cantik dan menarik.

19. Puring

Puring

Nama Ilmiah : Codiaeum Variegatum
Varietas : Codiaeum Variegatum “Petra,” Codiaeum Variegatum “Gold Dust,” Codiaeum Variegatum “Mammy,” dan Codiaeum Variegatum “Norma.”
Penempatan :
Di tempat panas dan cahaya terang.

Kelebihan puring adalah keindahan daun dengan beragam warna dan pola, menjadikannya sangat cocok untuk dekorasi eksterior. Meski cocok ditempat panas dan terang, puring sensitif terhadap perubahan suhu. Sehingga, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat dan pemberian cahaya yang cukup agar tetap tumbuh subur dengan keindahan warna warni daunnya.

20. Rubber Plant

jenis tanaman hias daun Rubber Plant

Nama Ilmiah : Ficus Elastica
Varietas : Ficus elastica “Burgundy,” Ficus elastica “Tineke,” Ficus elastica “Robusta,” dan Ficus elastica “Variegata.”
Penempatan :
Di area cahaya terang hingga redup.

Baca Juga :   15 Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik & Estetik

Kelebihan tanaman ini adalah keindahan daun yang mengkilao dan perawatannya yang mudah. Rubber Plant memiliki batang tegak dan daun-daun besar, hijau gelap, serta variasi varietas dengan warna dan pola berbeda. Ini menjadikannya tanaman indoor populer yang memiliki daya tarik estetika tinggi.

9. Sirih Gading

Golden Pothos

Nama Ilmiah : Epipremnum Aureum
Varietas : Golden Pothos, Marble Queen Pothos, Neon Pothos, Jade Pothos, Manjula Pothos.
Penempatan :
Cocok untuk segala kondisi pencahayaan.

Golden Pothos atau Sirih Gading sangat populer untuk interior maupun eksterior. Daun-daunnya berwarna hijau cerah dengan bercak kuning atau emas yang sangat menawan. Tahan terhadap berbagai pencahayaan, kamu bisa menampatkannya dimanapun, tetapi hindari sinar matahari langsung terlalu lama.

22. Sri Rejeki

jenis tanaman hias daun Sri Rejeki

Nama Ilmiah : Dracaena fragrans
Varietas : Dracaena fragrans “Janet Craig”, Dracaena fragrans “Massangeana”,Dracaena fragrans “Lemon Lime”, Dracaena fragrans “Compacta.”
Penempatan :
Di area cahaya terang hingga redup.

Sring dijuluki ‘tanaman uang’ atau ‘lucky bamboo’, Sri Rejeki memiliki daun panjang dan lebar dengan bercak putih di ruas daunnya. Konon, jenis tanaman hias daun ini diyakini membawa keberuntungan dalam budaya beberapa masyarakat. Hm… tertarik untuk menanamnya?

23. Suplir

 Suplir

Nama Ilmiah : Adiantum
Varietas : Adiantum raddianum “Fragrans”, Adiantum capillus-veneris “Maidenhair Fern”, Adiantum peruvianum “Silver Dollar Fern.”
Penempatan :
Di lingkungan lembab, area cahaya terang hingga redup.

Suplir dikenal dengan karakteristik daunnya yang halus seperti bulu. Tanaman ini cocok ditempatkan di lingkungan lembab seperti kamar mandi atau dapur, dan tidak cocok ditempatkan di lingkungan kering dengan kelembaban rendah. Sehingga, hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak daun-daunnya yang halus.

24. Tanduk Rusa

jenis tanaman hias daun Tanduk Rusa

Nama Ilmiah : Platycerium
Varietas : Platycerium bifurcatum, Platycerium alcicorne, Platycerium grande, Platycerium superbum.
Penempatan :
Di area cahaya sedang (matahari tak langsung)

Seperti namanya, jenis tanaman hias daun ini memiliki karakteristik daun mirip tanduk rusa. Tampilannya yang unik dan eksotis membuatnya menjadi sorotan dalam dekorasi interior maupun eksterior rumah. Taknud rusa cocok ditempatkan di ruangan dengan cahaya cukup, menjadikannya pilihan menarik untuk hiasan dinding atau tanaman hias gantung.

Tips :

  1. Kenali jenis tanahan hias daun berserta kebutuhan pencahayaannya. Beberapa tanaman membutuhkan sinar matahari langsung dan ada pula yang cocok dengan cahaya redup.
  2. Atur pola penyiraman sesuai jenis tanaman. Pastikan tidak ada genangan air di bawah pot.
  3. Jika tanaman mulai tumbuh terlalu besar untuk potnya, pertimbangkan untuk memindahkannya ke pot lebih besar dengan media tanam yang segar. Ini juga berlaku jika akar tumbuh terlalu banyak atau memenuhi pot.
  4. Berikan pupuk sesuai kebutuhan tanaman. Biasanya, ini dilakukan selama musim tumbuh, sekitar sekali sebulan. Gunakan pupuk yang dirancang khusus untuk jenis tanaman hias daun.
  5. Pangkaslah daun atau cabang yang mati atau rusak. Ini akan membantu tanaman tetap sehat.
  6. Bersihkan daun menggunakan kain lembab untuk menghilangkan debu. Daun yang bersih dapat menyerap cahaya lebih baik.
  7. Pastikan suhu ruangan tetap nyaman bagi tanaman. Hindari perubahan suhu drastis yang dapat merusak tanaman.

FAQ

Apa saja yang disebut tanaman hias?
Tanaman hias adalah beragam jenis tanaman yang ditanam untuk tujuan estetika atau dekoratif dalam lingkungan rumah, taman, atau ruangan. Misalnya tanaman berbunga dan tanaman hias daun, yang dipilih untuk meningkatkan tampilan dan nuansa rumah.

Tanaman hias batang apa saja?
Tanaman hias batang adalah tanaman hias yang fokus pada bentuk, tekstur, atau warna batang yang menarik, bukan karena bunga atau daunnya. Misalnya Sansevieria (Lidah Mertua)., Cacti (kaktus), dan sebagainya.

Apa saja karakteristik tanaman hias daun?
Karakteristik tanaman hias daun meliputi beragam bentuk dan pola daun yang unik, serta variasi warna dan tekstur daun yang memikat.

Share:
error: Content is protected !!